FGD Pembinaan Sektoral Pengumpulan Data Publikasi, Yasti Minta Sinergi BPS dan Pemkab Bolmong dalam Penyajian Data Statistik

0
103

TNews, BOLMONG — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis 17 Februari 2022 melaksanakan kegiatan kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan Forum Group Discussion (FGD) pembinaan sektoral pengumpulan data publikasi dalam angka.

Kegiatan yang digelar di Hotel Sutan Raja, Kotamobagu itu, dihadiri langsung Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow bersama jajaran sekaligus mencanangkan pembangunan Zona Integritas bersama BPS.

Bupati Yasti dalam kesempatan sambutannya berpesan kepada peserta FGD untuk dapat mengikuti dengan serius. Sebab FGD ini menyangkut data, dimana berbeda data tentu akan memberikan penilaian yang berbeda pula.

“Saya minta pihak BPS Bolmong untuk bersinergi lebih baik lagi dengan Pemkab Bolmong dalam penyajian data statistik. Selain itu agar dapat menyamakan persepsi, metode dan konsep dalam pengumpulan data statistik sektoral,” tegas Yasti.

Jika BPS dan Pemkab Bolmong terus bersinergi kata Yasti, akan tersaji data publikasi Kabupaten Bolmong dalam angka yang lebih sinkron, akurat dan tepat waktu melalui aplikasi sinkron data statistik sektoral.

“Saya harap betul pihak BPS untuk selalu meng-update data setiap tiga bulan sekali. Sehingga data yang dirilis lebih cepat dan lebih akurat, dan pastinya akan terjadi hubungan antar variabel yang berbanding lurus dengan data yang ada,” tuturnya.

“Kalau data yang ada tidak akurat, bisa berakibat mengacaukan perencanaan pembangunan daerah, dan pasti melahirkan output yang tidak memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bolmong,” ujar YSM sapaan Yasti Soepredjo Mokoagow.

Sementara itu, Kepala BPS Bolmong Janny Maliangkay mengatakan, kegiatan FGD tersebut untuk konfirmasi dan rekonsiliasi data statistik sektoral yang berasal dari OPD lingkup Pemkab Bolmong. Dimana untuk memastikan data sudah sesuai dengan data yang dikirim oleh dinas terkait.

“Kegiatan ini sangat penting, agar BPS tidak salah ketik dan dinas juga tidak salah kirim data sebelum kami rilis pada publikasi Bolmong dalam Angka 2022,” ucap Maliangkay.

Selain FGD, BPS juga melaksanakan pencanangan Zona Integritas, yang ditetapkan langsung oleh Bupati, dan disaksikan oleh pihak Kepolisian Resor, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri serta didukung oleh stakeholder eksternal OPD Pemkab Bolmong.

“Rilisnya data nanti 25 Februari mendatang Website melalui bolmongkab.bps.go.id. BPS sendiri telah melaksanakan kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, yang dirangkaikan dengan Pembinaan Statistik Sektoral FGD Penyusunan Bolmong Dalam Angka tahun 2022,” tutupnya.

Sekadar diketahui, turut hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu, Perwakilan Kejari Kotamobagi, serta perwakilan Pengadilan Negeri Kotamobagu.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.