Ini Upaya Pemda Kabupaten Gorontalo untuk Turunkan Angka Stunting

0
21
Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir saat menghadiri Pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kantor Desa Huidu. (Foto : Gopos)

TNews, KABUPATEN GORONTALO – Demi menurunkan angka stunting di wilayahnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo melakukan berbagai terobosan. Salah satu yang dilakukan pemerintah yakni dengan melakukan Konvergensi.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir saat menghadiri Pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kantor Desa Huidu, Kecamatan Limboto Barat, Selasa (23/8/2022).

“Prevalensi stunting tidak saja menjadi tanggung jawab salah satu pihak, tetapi harus dilakukan dengan upaya konvergensi dan terintegrasi bersama lintas sektor,” ungkapnya

Roni menjelaskan, penyampaian dan pendekatan serta intervensi yang dibuat terkoordinir dan terintegrasi adalah langkah yang harus dilakukan agar sasaran yang menjadi prioritas dapat ditangani. Selain itu enam pilar transformasi penopang kesehatan di Indonesia harus dijalankan Yakni, transformasi layanan kesehatan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transfrmasi teknologi kesehatan.

“Enam transformasi tersebut pun diharapkan menjadi perhatian Stakeholder Kesehatan dan TPPS Kecamatan dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat,” ucap dia.

Lanjutnya, TPPS Kecamatan memiliki tugas untuk menyediakan data, melaksanakan pendampingan lapangan, melaksanakan pengawasan, perencanaan dan pemanfaatan dana desa dan alokasi dana desa untuk percepatan penurunan stunting. Selain itu mereka juga bertugas mengkoordinasikan peningkatan kerjasama dan kemitraan dengan pemangku kepentingan di tingkat kecamatan.

“Dan tidak kalah penting melaporkan penyelenggaraan percepatan penurunan stunting yang sudah dilakukan setiap bulannya atau sewaktu waktu apabila diperlukan,” tutup Roni.

Reporter : Jerry Dako

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.