Program Pelayanan Dasar di Bone Bolango Diminta Ditingkatkan

0
42
Sekertaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Bone Bolango, Merry S Ngadju. (Foto: Gopos)

TNews, GORONTALO – Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango diminta meningkatkan program kerja khususnya terhadap pelayanan dasar untuk masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan oleh Sekertaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Bone Bolango, Merry S Ngadju saat membacakan rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bone Bolango, Hamim Pou di ruang sidang DPRD Kabupaten Bone Bolango, Selasa (17/5/2022).

“Beberapa rekomendasi diantaranya PAD (Pendapatan Asli Daerah) tahun 2021 masih mengalami stagnan, ada kenaikan tapi tidak signifikan karena masih Pandemi Covid-19, sehingga tahun anggaran selanjutnya pemda perlu segera melakukan inovasi program,” ungkapnya.

Lanjutnya, peningkatan kegiatan yang dimaksud ialah setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terutama program kerja yang berkaitan dengan pelayanan dasar sehingga program kegiatan mampu menambah PAD dan menyentuh langsung masyarakat.

“Kebijakan pemda yang strategis diharapkan bisa dijalankan dengan baik oleh seluruh OPD dan tentunya setiap kebijakan perlu adanya evaluasi sejauh mana bermanfaat bagi pembangunan daerah,” ucapnya.

Merry menerangkan, dalam peningkatan pelayanan dasar pemerintah perlu mengutamakan pelayanan kesehatan baik rumah sakit dan puskesmas.

“Peningkatan dan pembangunan infrastruktur seharusnya lebih tepat sasaran, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum sehingga terkesan membuang buang anggaran,” tegasnya.

Terakhir dirinya mengatakan, rekomendasi LKPJ ini ialah sebagai evaluasi, catatan dan masukkan untuk kinerja Bupati selama setahun menjabat karena ini merupakan hal strategis bagi pemerintah daerah.

“Ini penting dalam mengikatkan kinerja birokrasi dan memiliki kekuatan hukum sebagaimana diatur peraturan perundang-undangan,” tutup Sekwan.

 

Reporter : Jefri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.