Hadapi Cuaca Ekstrim, Pemkab Bolmong Gelar Apel Siaga

0
49
Sekda Tahlis saat memimpin apel kesiapsiagaan. (Foto/Istimewa)

TNews, BOLMONG — Dalam rangka menghadapi potensi bibit siklon tropis atau cuaca ekstrim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Rabu (21/04/2021) menggelara apel kesiapsiagaan.

Apel tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, di lapangan Upacara Kantor Bupati, di Lolak. Turut dihadiri Kepala BPDA Syahril Mogoagow bersama jajaran, Camat, Sangadi, unsur Forkopimda, para Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemkab Bolmong.

Sekda Tahlis dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Bolmong sebagai salah satu wilayah yang rentan terjadinya bencana yang mengancam kehidupan yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam serta faktor manusia.

“Dalam rangka mengantisipasi serta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrim, yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam hidrometerologi di wilayah Kabupaten Bolmong, maka perlu adanya kesiapsiagaan dan kewaspadaan dari semua pihak, untuk itu perlu ada kerjasama antar unsur Pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media massa,” ungkapnya.

Apel kesiapsiagaan tersebut kata Tahlis, untuk meningkatkan koordinasi antar dinas terkait dan aparatur serta komponen masyarakat untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan sesuai tugas pokok fungsi dan kewenangan masing-masing.

Untuk itu pihaknya mengimbau, kepada seluruh Camat, Sangadi atau instansi terkait untuk mensosialisasikan bencana bibit siklon tropis yaitu cuaca ekstrim.

“Diantaranya angin puting beliung, hujan lebat, disertai kilat/petir, hujan es dan lain-lain dampak yang dapat di timbulkan berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan air, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” ujarnya.

Setelah kegiatan ini, koordinasi itu harus lebih ditingkatkan. Apa yang dilaksanakan kali ini bukan seremonial semata,” tegasnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.