Ikuti Entri Meeting bersama BPK, Yasti Tegaskan SKPD Tingkatkan Laporan Keuangan

0
37

TNews, BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menegaskan seluruh Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar meningkatkan laporan tata kelola keuangan yang diminta Badan Periksa Keuangan (RI) perwakilan Sulut.

Hal itu diungkapkan Bupati saat mengikuti rapat entri meeting bersama BPK RI perwakilan Sulut terkait pengelolaan keuangan atas belanja barang tahun anggaran 2021, Rabu (22/09/2021) di Aula Loby Kantor Bupati yang digelar secara virtual.

Menurut Bupati, meski Kabupaten Bolmong telah meraih opini WTP pada tahun 2020 lalu, dia meminta pimpinan SKPD tidak menjadi lengah dan lalai dalam pertanggungjawaban pengelolaan keuangan.

“Dengan diperolehnya predikat WTP terhadap penggelolaan keuangan tahun 2020 lalu dari BPK, saya mengharapkan ini menjadi pemicu agar dapat ditingkatkan kualiatas laporan tata kelola keuangan, termasuk didalamnya pemenuhan pertanggungjawaban belanja pada APBD 2021,” kata Bupati.

Selain itu, dia meminta agar segera memenuhi permintaan data yang telah diminta tim BPK, dalam waktu yang cepat, tepat dan tidak menunda-nunda. Sehingga tim BPK dapat bekerja dengan lancar selama bertugas di Kabupaten Bolmong. Begitupun jika dirasa ada yang tidak diketahui, sebaiknya berkonsultasi dengan pihak BPK RI.

“Demikian pula dengan pihak ketiga, kiranya pimpinan SKPD dapat menghadirkannya juga. Sebab ada kaitannya, supaya benar-benar siap jika dimintakan oleh BPK dalam melakukan pemeriksaan pertanggungjawaban belanja barang nanti,” ujar Yasti.

Sekadar diketahui, pemeriksaan tata kelola keuangan atas belanja barang yang dilakukan pihak ketiga, di masing-masing SKPD, itu selama 30 hari, terhitung sejak 20 September sampai 19 Oktober nanti.

Adapun sistem pemeriksaan terhadap kepatutan penggunaan anggaran tahun 2021 ini dilakukan dengan dua tahapan, yakni cara WFO selama 15 hari dan uji lapangan juga selama 15 hari.

Hal itu disebabkan adanya masa pandemi Covid-19, maka sistim pemeriksaan juga menerapkan protokol kesehatan. Semua dokumen dikirim secara elektronik demikian pula wawancara akan dilakukan secara virtual.

Diketahui pula, tim BPK yang akan melaksanakan tugas di Kabupaten Bolmong, bertindak sebagai penanggungjawab Nurendo Adi Kusumo, dan wakil penanggungjawab Lastar Ambaga, sedangkan Elvira Amelia Kaligis, bertindak sebagai ketua tim pemeriksa, serta para anggota masing-masing, Pieter Roya, Tutur Ompusunggu dan Aulia Margaretha Ginting

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Sekertaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Asisten III Ashari Sugeha, Kepala Inspektorat Rio Lombone serta seluruh pimpinan SKPD.

Imran Asiaw

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.