Independent tak Diminati di Pilkada Bolmut

0
138

calon pemilukadaTotabuanews.com, Boroko – Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), hingga kini mengaku belum menerima berkas dari bakal calon dari jalur independent. Berarti diperkirakan para kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmut akan menggunakan kendaraan Partai Politik pada Pilkda Bolmut 2013 mendatang.

“Hingga jadwal yang sudah kita tetapkan, calon perseorangan (independent -red) tidak ada yang mendaftar. Seharusnya, sejak bulan Oktober lalu, khusus untuk calon perseorangan sudah mulai melengkapi berkas verifikasi dukungan calon perseorangan,” ungkap Anggota Komisioner KPUD Bolmut Sartono Dotinggulo.

Akibat tak ada bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmut dari jalur perseorangan, sesuai dengan undang-undang Pemilu nomor 12 Tahun 2008 dan Peraturan KPU nomor 9 Tahun 2012 tentang pedoman teknis pencalonan Pemilu kepala daerah dan calon wakil kepala daerah, maka kini jalur yang hanya dapat ditempuh para calon kandidat melalui jalurdukungan partai politik yang ditetapkan harus mendapatkan dukungan parpol. “Jalur ini harus memiliki kursi minimal 15 persen kursi di DPR,” jelasnya. (Meyki/Konni)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.