Ini Jumlah DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2020 di Kabupaten Bolmong

0
665
Ilustrasi.

TNews, BOLMONG — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi melakukan pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut).

Dari hasil pleno tersebut, jumlah DPT di Kabupaten Bolmong naik 3.740 atau menjadi 166.144 jiwa dari Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

Komisioner KPU Bolmong Divisi Data dan Informasi Afif Zuhri mengatakan, DPT ditetapkan lewat rapat pleno terbuka yang dilaksanakan, Kamis (15/10/2020 yang dihadiri Ketua KPU Bolmong Lilik Mahmudah, Ketua Bawaslu Bolmong Pangkerego serta tim sukses masing-masing calon.

Afif menjelaskan, sebelumnya KPU telah memplenokan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat kabupaten.

Penetapan dilakukan berdasarkan proses perbaikan DPS melalui uji publik, masukan masyarakat dan rekomendasi Bawaslu.

Hasil DPT akan diumumkan pada 28 Oktober mendatang. Masalah yang cukup pelik adalah perubahan domisili pemilih pada desa pemekaran.

Hal itu kata Afif, sudah ditangani lewat koordinasi dengan berbagai pihak.

“Kemarin kita sudah melakukan koordinasi dengan Capil, sudah ada perubahan data pemilihnya sesuai dengan domisili setempat. Tapi masih ada juga yang belum melakukan perubahan itu dari desa. Namun daftarnya sudah ditetapkan dan bersangkutan tetap meilih sesuai dengan KTP yang bersangkutan,” ujarnya.

Pada pemilihan legislatif 2019 lalu, pemilih tetap berjumlah 169.884 pemilih

Dari 15 kecamatan, 200 desa dan 2 kelurahan yang ada di Bolmong terdapat 698 TPS. Sedangkan pemilih perempuan berjumlah 87.988 pemilih, dan pemilih laki laki berjumlah 81.896.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.