Inilah Cara Desa Minaesa Peduli  Ibu Hamil dan Lansia

0
197

TNews, Minut – Bermaksud menekan angka Stunting pada wanita hamil serta peduli pada kesehatan warga Lanjut Usia (Lansia), desa Minaesa kecamatan Wori melaksanakan dua kegiatan dalam waktu berbeda, yakni penyerahan bantuan Susu kepada Ibu Hamil pada 24 Juni 2021 dan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan untuk Lansia pada Jumat, 02 Juli 2021.

Hukum tua Minaesa Saprin Fanah mengatakan dalam rangka menekan terjadinya Stunting di desanya, maka dengan menggunakan pembiayaan Dana Desa diberikan bantuan Susu Ibu Hamil kepada 17 wanita hamil yang membutuhkan bantuan.

“Tujuan diberikannya bantuan bagi 17 wanita hamil agar ibu dan bayi yang dikandungnya mendapat nurisi yang cukup dan juga dianjurkan untuk ibu hamil untuk menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga kesehatan lingkungan juga mengkonsumsi makanan yang bergizi, sehingga dapat menghindari angka Stunting dari anak-anak yang lahir ini berkurang di desa Minaesa,” kata Fanah. Kegiatan pemberian bantuan Susu ini juga dihadiri Sekretaris desa Mus Paputungan dan pendamping desa Fitria Sahabi dengan anggaran sebesar Rp. 7.350.000,00

Selanjutnya untuk Peduli Kesehatan Lansia dilaksanakan berbentuk pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga Lansia di kantor kepala desa Minaesa dan melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Wori diantaranya Ying Ying Lintang, Amd.Kep, Bidan Yuul Ingrid Sinsuw.Amd.Keb dan Suharty Dahlan, S.Kep.NS.

Pemeriksaan kesehatan kepada Lansia menurut hukum tua Saprin Fanah selain melaksanakan pengobatan terhadap warga yang mengalami gangguan kesehatan, juga diharapkan dalam pemeriksaan ini, dapat mendeteksi dini tingkat kesehatan lansia di desa Minaesa untuk persiapan Vaksinasi Covid-19.

“Walaupun keputusan bisa atau tidak Lansia yang bersangkutan di vaksin adalah berdasarkan hasil pemeriksaan medis dokter spesialis, setidaknya dalam pelaksanaan pemeriksaan ini, masyarakat menerima informasi-informasi yang dibutuhkan berdasarkan standar kesehatan pelaksanaan pemberian Vaksin Covid-19, walaupun memang sudah ada warga yang melaksanakan vaksinasi secara mandiri di berbagai tempat yang melaksanakan Vaksinasi Covid-19,” beber hukum tua. (MT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.