Jaga Ketahanan Pangan, Pemkab Bolmong Sediakan 7,5 Ton Cadangan Beras

0
49
I Nyoman Sukra.

TNews, BOLMONG — Guna menjaga ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) pada tahun anggaran 2021 menyiapkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 7,5 ton.

Menurut Kepala DKP I Nyoman Sukra, nantinya cadangan beras tersebut akan disiapkan untuk penanggulangan pada kondisi tertentu.

“Untuk tahun ini, kita menyiapkan cadangan beras mencapai 7,5 ton. Cadangan beras ini disalurkan untuk kondisi tertentu. Seperti pada tahun 2020 lalu, kita menyalurkan cadangan beras untuk penanggulangan dampak banjir di Kecamatan Sang Tombolang,” kata Sukra, Selasa (13/01/2020).

Dia menjelaskan, untu CBP pihaknya masih akan berkoordinasikan dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk penyediaan beras.

“Untuk berasnya nanti akan kita koordinasikan dengan pihak Bulog. Intinya, cadangan beras itu harus disiapkan guna mencegah dampak ketahanan pangan baik saat terjadi bencana alam atau pun musim kekeringan yang mempengaruhi produksi pangan di daerah,” tuturnya.

Sementara itu, untuk CBP di tahun 2020 lalu, Sukra menyebut telah menggesernya pada program pemberian sembako dalam rangka penanganan dampak pandemi Covid-19.

“Untuk cadangan beras tahun lalu, sudah kita tambahkan untuk sembako yang dibagikan kepada masyarakat,” tutupnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.