JG-KWL Tabur Bunga di Makam dan Monumen Duo Pahlawan Bermarga Maramis

0
278
Bupati Joune Ganda tabur bunga di makam Pahlawan Kemerdekaan Nasional Maria Walanda Maramis
Tiba di Monumen Pahlawan Nasional AA Maramis, Bupati Joune Ganda melakukan tabur bunga

TNews, Minut – Sebuah kebanggan bagi Minahasa Utara yang memiliki dua kusuma bangsa bergelar pahlawan yakni Maria Yosephine Catherina Maramis atau Maria Walanda Maramis, yang diberikan Gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional oleh Presiden Soeharto  berdasarkan SK Presiden No 012/TK/1969 tentang Penetapan Pahlawan Kemerdekaan Nasional tanggal 20 Mei 1969 dan Alexander Andries Maramis atau AA Maramis yang diberikan Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi berdasarkan Keppres Nomor 120/TK/Tahun 2019 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional tanggal 7 November 2019.

Foto Bersama di Makam Pahlawan Kemerdekaan Nasional Maria Walanda Maramis desa Maumbi Kecamatan Kalawat Minut

Momentum peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76, diamanfaatkan Bupati Minahasa Utara Joune JE Ganda SE dan Wakilnya Kevin W. Lotulung SH MH (JG-KWL), Selasa, (17/08/2021) usai mengikuti detik-detik Proklamasi di Istana Negara Jakarta, melalui Live Streeaming, melakukan ziarah dan tabur bunga ke makam dan monument dua pahlawan marga Maramis tersebut.

Foto Bersama di Monumen Pahlawan Nasional Alexander Andries Maramis di Paniki Kota Manado

Pada kesempatan pertama JG-KWL beserta Forkopimda Minut, berziarah dan membawa karangan bunya di makam Pahlawan Kemerdekaan Nasional Maria Walanda Maramis di desa Maumbi Kecamatan Kalawat. Setelah dari lokasi Makam  Maria Walanda Maramis, JGK-WL dan rombongan, di bawah pengawalan kemudian melanjutkan kegiatan ziarah di kelurahan Paniki kecamatan Mapanget kota Manado ke monumen Pahlawan Nasional Alexander Andries Maramis yang dikenal A.A Maramis, sebab makamnya berada di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Wakil Bupati Minut Kevin Wiliam Lutulung, SH, MH ketika melakukan tabur bunga di makam Maria Walanda Maramis

“Kita lanjutkan semangat dan cita-cita mereka, para.pahlawan,” ujar Ganda yang memiliki ikatan keluarga dengan dua pahlawan tersebut, sebab Vonny sang ibunda tercinta bupati bermarga Maramis.

Kata bupati, Pahlawan Maria Walanda Maramis adalah seorang yang ulet dan gigih dalam memperjuangkan kemajuan kaum perempuan di Indonesia pada umumnya di permulaan abad ke-20. Sementara, Mr. Alexander Andries Maramis atau yang lebih dikenal A.A Maramis merupakan keponakan Maria Walanda Maramis dan Bendahara Negara Republik Indonesia pertama dan berjasa dalam penerbitan mata uang rupiah.

“Merasa bersyukur menjadi bagian dari kelurga Pahlawan dan sebagai keluarga dan anak bangsa kami bertekat melanjutkan perjungan dan harapan para pahlawan ini dimasa sekarang dan akan datang,” kata bupati. (MT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.