2 Miliar Dana untuk KUBE, Penerima Diverifikasi

0
72

TNews, KOTAMOBAGU – Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kota Kotamobagu akan menerima bantuan saluran dana sebanyak Rp2 Miliar. Bantuan tersebut diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial (Kemensos) RI.

“Ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan usaha masing-masing penerima. Bantuan ini akan disalurkan tahun 2020 mendatang. Nah, dana ini akan dibagikan bagi 1000 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM, di mana masing-masing KPM mendapatkan Rp2 juta rupiah, jadi total keseluruhannya yakni Rp2 miliar,” kata Kepala Bidang Penanganan Sosial dan Pemberdayaan Fakir Miskin Dinsos Kotamobagu, Roy Paputungan, Jumat, (08/11/2019).

Ia berharap bantuan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik. ”Ya, kita berharap dengan adanya bantuan ini bisa menambah modal. Untuk itu ketika diterima harus dimanfaatkan sebaik baiknya untuk kemajuan usahanya,” harapnya.

Senada, Staf Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin, Wawan Mokodompit menambahkan, saat ini pihak kemetrian dan Dinsos sedang dalam tahap verifikasi calon peneriman bantuan KUBE. Hal itu untuk memastikan mereka masuk dalam Basia Data Terpadu (BDT). “Jadi mereka calon penerima baik KUBE, dan PKH harus teregistrasi dalam BDT, makanya kita cek langsung dilapangan. Kalau tidak masuk dalam BDT maka harus dimasukan dulu melalui usulan kelurahan,” tambahnya.

Dijelaskannya, untuk tahun ini, Dinsos mengusulkan 100 KUBE dimana setiap kelompoknya beranggotakan 10 Orang. “Itu sesuai dengan permintaan Kemensos RI untuk di dua kecamatan dimana ketentuan usia antara 18 hingga 60 tahun,” ujarnya.

Setelah kelompok tersebut terbentuk, kemudian akan disantuni bantuan sebesar Rp 2 Miliar rupiah dimana itu dibagikan lagi ke 1000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). “Masing-masing KPM itu akan mendapatkan bantuan Rp 2 Juta rupiah dan bantuan itu hanya boleh digunakan untuk modal usahanya,” pungkasnya.

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.