70 Relawan Khusus Dapur Umum Dilatih

0
121
70 Relawan Khusus Dapur Umum Dilatih
ilustrasi (google.com)

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU —  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu, bersama Kodim 1303 Bolmong dan Tim penggerak PKK pokja III, Kamis (02/06/2016) menggelar pelatihan relawan penanggulangan, di Restoran Lembah Bening yang diikuti sekitar 70 peserta.

Kepala BPBD Imran Amon mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan  untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan tanggap cepat disaat terjadi atau darurat bencana. “Mereka (Relawan, red) kita berikan pelatihan, antara lain mendirikan tenda keluarga, tenda telepon serta yang paling penting, adalah cara memasak,” kata Imran.

Menurutnya, pelatihan tanggap darurat telah disimulasikan. Namun ada yang lebih penitng yakni, pelatihan spesifikasi dapur umum. Sebab, paling utama yang akan dilakukan para relawan adalah bagiamana para korban bencana tidak kelaparan. “ Kita melatih mereka bagaimanan memasak makanan siap saji,”ujar Imran.

Dia mengaku, masih akan menambah personil relawan tersebut, untuk mengantisipasi minimnya relawan dalam penanganan bencana. “ Sampai saat ini, kami sudah memiliki 290 relawan. Sampai tahun 2018 mendatang, kami akan menargetkan 915 relawan yang tersebar di 33 Desa dan Kelurahan, se- Kotamobagu,” tukasnya.

Tentunya,  sebagai realawan yang bersifat sosial dan berkemanusiaan harus siap dalam segala hal. “Jika ada bencana, maka relawan langsung menghubungi posko BPBD” tandasnya.

Gian Limbanadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.