Blangko e-KTP di Kotambagu Menipis

0
24
Warga Diajak Rekam e-KTP
Virginia Olii

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU -Stok blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menipis. Kepala Disdukcapil, Virginia Olii melalui Kabid PIAK dan Pemanfaatan Data, Adi Malah mengatakan saat ini blangko yang tersedia tinggal untuk 250 orang.

Padahal, permintaan e-KTP di Kotamobagu cukup besar. Rata-rata masyarakat yang melakukan pengurusan e-KTP 100 orang perhari. “Stok memang sudah menipis, tinggal 250 blangko. Namun kami sudah mengajukan permintaan ke Kementrian Dalam Negeri tetapi belum ada jawabannya,” katanya.

Hingga awal September ini, masyarakat Kotamobagu yang telah mengurus e-KTP 92.016 orang. Namun data ini dipastikan berkurang karena banyak penduduk Kotamobagu yang pindah ke luar kota dan yang meninggal. “Untuk wajib e-KTP 91.100, sementara yang belum melakukan perekaman 9.991,” ungkapnya.

Ia menambahkan, salah satu keluhan masyarakat adalah banyaknya e-KTP yang rusak. Namun, e-KTP yang rusak karena patah atau plastiknya terkelupas bisa diganti.“Kami akan ganti. Karena data pemilik e-KTP sudah masuk di sistem. Kerusakan akan diganti. Tetapi bagi warga yang memiliki e-KTP kadaluarsa atau masa berkalunya habis, maka tak perlu diganti karena e-KTP berlaku seumur hidup,” jelasnya.

Untuk tahun ini pun, sudah ada 101 KTP yang rusak. “Untuk perekaman kembali itu tidak bisa lagi, karena kalau di rekam kembali itu bisa menjadi ganda, makanya petugas-petugas disini bertanya siap saja yang mengurus (e-KTP) di tanya, apakah sudah melakukan perekaman atau belum,” tandasnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.