Buka Masterplan Smart City Tahap IV, ini yang disampaikan Pj Wali Kota Kotamobagu

0
23
Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Asripan Nani, M.Si, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap IV penyusunan masterplan Smart City Kotamobagu yang digelar di Aula Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota, Senin (16/10/2023). (Foto: Diskominfo Kotamobagu)

TNews, KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Asripan Nani, M.Si, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap IV penyusunan masterplan Smart City Kotamobagu yang digelar di Aula Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota, Senin (16/10/2023).

Pj Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Bimbingan Teknis adalah sebuah Road Map atau Peta Jalan, untuk merumuskan kebijakan perencanaan strategis tentang Kota Kotamobagu kedepannya nanti.

“Ini sangat penting untuk perumusan nanti karena,tanpa roadmap kita hanya bisa mengira ngira saja. Oleh sebab itu saya ucapkan terima kasih untuk Kementrian Kominfo dan Dinas Kominfo Kotamobagu yang sudah memprakarsai kegiatan ini. Hal ini sangat wajib bagi kita bersama guna merumuskan Kotamobagu sebagai apa untuk kedepannya,” tutur Asripan,”ungkapnya.

Lanjutnya, terkait menuju Kota Cerdas atau Smart Ciy memang banyak variabel yang harus kita lakukan, tentu yang terkait dengan Perencanaan, Penganggaran, SDM, Infrastruktur, Sistem, dukungan Perda dan Regulasi serta lain sebagainya.

“Saya berharap dari kegiatan  ini kita semua bisa merumuskan Masterplan Smart City Kota Kotamobagu sebagai kota yang bisa dikenal. Oleh sebab itu saya meminta Bappeda untuk mencari jargon rumuskan satu jargon atau akronim Kotamobagu sebagai Kota apa terjemahannya bisa daerah sejuk,daerah adat atau jasa yang mengarah sebagai smart city. Sehingga berkaitan dengan jargon semua program OPD sudah bisa mengarah kesitu,”tandasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri, Tenaga Ahli Tim Penyusun Masterplan Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, DR. Mila Karmilah, S.T., M.T., Asisten Tenaga Ahli Tim Penyusun Masterplan Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Roni Triseptian, S.PWK, Staf Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Ika Kartika, S.S., Asisten 2 Pemerintah Kota Kotamobagu, Adnan, S.Sos., M.Si, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, serta para peserta perwakilan OPD, kelurahan, desa, civitas akademik dan perwakilan IKM di Kota Kotamobagu.(*)

Reporter: Nindy Pobela

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.