Cap Go Meh Jadi Objek Wisata di Kotamobagu

0
130
Cap Go Meh Jadi Objek Wisata di Kotamobagu

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU — Festival karnaval budaya dan perayaan Cap Go Meh yang baru pertama kali digelar di Kota Kotamobagu, berlangsung meriah. Betapa tidak, sebelum kegiatan yang dipusatkan di Jalan Kartini dimulai, warga Kotamoabgu dan Bolmong Raya sudah memadati lokasi untuk menyasikan langsung perayaan dan parade karnaval budaya. Menariknya, Festival karnaval dan perayaan  Cap Go Meh ini menjadi ajang budaya daerah, dan tidak hanya budaya warga tri dharma, akan tetapi budaya Mongondow turut di hadirkan. Mulai dari tari – tarian adat Mongondow, seperti tari Kabela, Tuitan, Mosali, bahkan sampai Tari Bali, peragaan Barongsai, Klarinet Musik Bambu, sampai Masamper, dan Tari Kuda Kepang.

Tak hanya itu, ribuan warga yang hadir pada saat itu, juga menanti adanya atraksi dua Kio Ince Pia yang dilepas Klenteng Tiang Shang Mu Kotamobagu, yang memperagakan atraksi berbahaya yang tentunya hanya bisa dilakukan oleh Kio. Diketahui, Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara melepas secara resmi pawai karnaval budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bambang Ginoga, mengaku bersyukur atas suksesnya acara ini. “ Festival Cap Go Meh dan Karnaval Budaya ini jadi objek wisata warga di Kota Kotamobagu, dan ini harus kita apresiasikan bersama,” kata mantan Kadis Tata Kota ini.

Warga masyarakat yang turut menyaksikan mengaku bangga dengan kegiatan ini.“ Perayaan ini sangat positif, karena selain budaya warga tinghoa juga turut memperagakan budaya daerah, ini perlu di lestarikan,” ungkap salah satu warga Kotamobagu, Herdi Mokoagow kepada Media Toabuan, Sabtu 11 Desember 2017.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.