Cegah Banjir, BPBD Kotamobagu Imbau Masyarakat Jangan Buang Sampah diselokan

0
76
Ilustrasi: membuang sampah sembarangan

IliTNews, KOTAMOBAGU – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu memberikan imbauan penting kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di selokan.

Kepala BPBD Kotamobagu, Asrianty, telah turun langsung ke lapangan untuk memantau beberapa lokasi dan mengingatkan warga tentang dampak yang dapat terjadi akibat sampah yang dibuang sembarangan.

“Saya saat ini langsung turun melakukan pemantauan di beberapa lokasi, saya mengimbau kepada masyarakat Kotamobagu agar tidak sembarang membuang sampah di dalam selokan karena dapat menyebabkan air tergenang dan meluap ke jalan hingga ke rumah-rumah masyarakat,” ungkap Asrianty saat dihubungi Totabuan.News, Rabu (25/10/203).

Selain itu, Kepala BPBD juga mengingatkan warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai untuk tetap waspada, terutama mengingat cuaca yang telah memasuki musim penghujan. “Perlunya kewaspadaan ditengah intensitas hujan yang kian meningkat, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan dan bantaran sungai,” tambahnya.

Asrianty menjelaskan bahwa berdasarkan aturan yang berlaku, masyarakat dilarang membangun tempat hunian di sekitar bantaran sungai. “Kami sudah beberapa kali memberikan himbauan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai agar jangan sembarang membuang sampah dan membangun rumah di sekitar bantaran sungai,” tandasnya.

Imbauan ini menjadi langkah penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan warga Kotamobagu selama musim penghujan yang berpotensi mengakibatkan banjir dan genangan air.

Reporter: Nindy Pobela

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.