Contohi Lombok, Desa di Kotamobagu Bakal Terapkan Sistem Digital

0
54
TATONG BARA

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, menceritakan hasil lawatannya bersama kepala-kepala desa/kelurahan ke Lombok lalu. “Di Lombok ada satu desa, yang memiliki inovasi terbaik nasional. Kita sengaja mengunjungi itu, karena Kotamobagu masih memiliki 15 desa,” kata Walikota, Senin, (04/01/2019).

Menurut Walikota, apa yang didapat, akan dikomparasikan dengan apa yang ada di desa, di Kotamobagu. “Inovasi apa, teknik dan cara apa yang digunakan, nantinya akan Kita komparasikan, untuk kemudian menunjang dan membangun desa lebih baik lagi,” singkat Walikota.

Terpisah, Kepala Desa Sia, Herto Balansa, yang sempat ikut ke Lombok mengatakan, saat ini dirinya, sudah mulai merealisasikan apa yang di dapat dari kunjungannya. “Di sana, di Desa Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, semua sudah menggunakan aplikasi digital dalam pengurusan segala hal di balai desa. Sehingga, masyarakat desa tidak lagi direpotkan dengan sistem manual, segalanya langsung cetak. Dan ini yang juga sedang kita upayakan di Sia’. Termasuk pemasangan “wifi” di kantor,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, belum ada hambatan berarti yang ditemui dalam perealisasian program ini. “Memang Sia’ ada di dataran tinggi, tapi berdasarkan koordinasi dengan teman-teman dari Kominfo sebagai instansi teknis, masih aman,” pungkasnya.

 

Neno Karlina

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.