Desa Pontodon Gelar Pelatihan BUMDes

0
142

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Desa Pontodon Induk Kecamatan Kotamobagu Utara, menggelar pelatihan untuk pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di balai Desa Sabtu (21/07/2018).

Salah satu Pemateri sekaligus Pengawas BUMDes Syafrudin Saleh Abas Mengatakan, tujuan pelatihan tersebut untuk meningkat pengetahuan pengelolaan BUMDes kepada seluruh jajara  pengurus BUMDes.

“Memang BUMDes Pontodon Baru 6 bulan ini berjalan. Tapi, harus mampu mengelola administrasi semester awal. Mulai dari pembukuannya hingga neraca,”kata Abas.

Lanjutnya, pengelolaan tersebut pun tidak keluar dari regulasi dan Peraturan Walikota (Perwako) yang ada.

“Selain berharap bisa mandiri secara administrasi keuangan. Perlu di ingat semua pengelolaan tetap berdasarkan aturan. Jangan sampai 70 persen lebih ke biaya operasional dan 30 persen untuk BUMDes,”ujarnya.

Dia menambahkan, tujuan dari pelatihan BUMDes ini sangat jelas untuk memberikan langsung proses pengelolaan keuangan serta mengembangkan ekonomi Desa.

“Semua akan potensi Desa untuk dikembangkan menjadi Usaha milik Desa ada banyak. Hanya perlu dilakukan kajian mana yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat,meski pun sudah ada yang berjalan yakni sewa kursi dan kanopi,”tandasnya.

 

 Zakir Mokoginta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.