Desa/Kelurahan Disarankan Kembangkan Potensi Melalui Bumdes

0
46
Pemkot Segera Serahkan Draf APBD-P
Adnan Masinae

TOTABUANEWS, Kotamobagu – Seluruh Desa/Kelurahan yang ada di Kota Kotamobagu, disarankan dapat memanfaatkan potensi maupun sumber daya, melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), yang didanai dengan Dana Desa (Dandes).

Hal tersebut dikatakan, Sekretaris Kota (Sekot) Kotamobagu, Adnan Massinae, saat memimpin rapat di Balai Desa Poyowa Besar 1, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Selasa (17/10/2017). Kata dia, pihaknya menyarankan, agar seluruh Desa/Kelurahan di Kotamobagu dapat memanfaatkan potensi maupun sumber daya, (Bumdes), yang didanai dengan (Dandes).

“Dengan Dandes yang cukup besar, bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Desa. Banyak Potensi sumber daya Deaa serta usaha-usaha para pengrajin yang bisa digarap melalui Bumdes,” kata Adnan.

Selain sebagai wadah simpan pinjam masyarakat Desa, menurut Adnan, Bumdea juga bisa dimanfaatkan sebagai Mitra dagag, melalui tanam saham atau modal warung kecil.

“Bukan hanya untuk simpan pinjam, dan lain sebagainya. Namun Bumdes bisa dimanfaatkan untuk perdagangan dengan cara penanaman modal le warung-warunf kecil uang ada di Desa, dan pembagian keuntungannya melalui bagi hasil,” jelasnya.

Gery Liangga

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.