Dinas P3A Terus Sosialisasi Penanganan KDRT

0
51
Dinas P3A Terus Sosialisasi Penanganan KDRT

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Kotamobagu Rabu (08/03/2017) menggelar sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan kasus kekerasaran dalam rumah tangga (KDRT).

Pantauan Media, Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan (Kotsel) tersebut, menghadirkan sejumlah elemen masyarakat, termasuk penyidik Kepolisian dari Polres Bolmong.

Menurut Kadis PPA Kotamobagu Sitti Rafiqa Bora, pentingnya peran keluarga dalam pencegahan dan penanganan dampak psikologi kekerasan yang terjadi. “Sosialisasi ini diharapkan dapat mendapat wawasan bagi para gender perempuan di Kota Kotamobagu dalam menangani KDRT yang kerap terjadi dilingkungan kita,” kata Rafiqa.

Lanjut Rafiqa, sosialisasi ini bertujuan untuk menjadikan karakter anak yang baik dan kreatif dari segi belajar maupun dari segi bidang kemasyarakatan yang bermanfaat pada orang lain. ”Tugas kami adalah melakukan perlindungan perempuan dan anak melalui beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Tetapi kami hanya menginventarisir dengan SKPD terkait kegiatan yang dilakukan dalam upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak,” ungkapnya.

Dia berharap, agar melalui sosialisasi ini pencegahan kekerasan pada anak dan perempuan bersifat kompleks, sehingga penanganan terhadap masalah tersebut memerlukan pemetaan yang komprehensif tentang peta permasalahan yang ada. Disamping itu, keseriusan instansi terkait dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat berkontribusi secara partisipatif dalam upaya pencegahan kekerasan pada anak dan perempuan.

”Program apapun tanpa adanya dukungan dari segenap elemen masyarakat, maka tidak akan berhasil. Keterlibatan dari segenap elemen masyarakat mempunyai peran dari perlindungan perempuan dan anak,” pungkasnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.