Dinkes Imbau Masyarakat Kotamobagu Waspada Virus Difteri

0
26
Haris Mongilong

TOTABUANEWS.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, menghimbau agar seluruh masyarakat Kota Kotamobagu waspada Virus Difteri.

Menurut Kepala Dinas Dinkes Kotamobagu Haris Mongilong, Virus Difteri saat ini mulai menyerang sejumlah wilayah di Indonesia. Kata dia, Di Kotamobagu belum ada temuan Virus seperti ini, akan tetapi pihaknya  mengimbau kepada masyarakat agar pmewaspadai penyakit yang menyerang daerah selaput lendir, pariks, larings dan bahkan bisa sampai ke jantung, ginjal bahkan kulit.
“Kita harus selalu waspada terhadap penyebaran virus ini. Upaya untuk memantau pemberian vaksin difteria pertusif dan tetanus terus kami lakukan, karena pemberian vaksin sejak anak umur 2 bulan sampai 6 tahun dengan lengkap DPT sampai 6 kali pemberian, bisa mencegah itu,” kata Haris.
Penyakit difteri ini disebabkan oleh corynebacterium. Yaitu bakteri yang menyebarkan penyakit melalui partikel di udara, benda pribadi, serta peralatan rumah tangga yang terkontaminasi.
“Jika menghirup partikel udara dari batuk atau bersin orang yang terinfeksi. Kita bisa terkena difteri. Cara ini sangat efektif untuk menyebarkan penyakit, terutama pada tempat yang ramai. Kami tetap melakukan pengawasan terhadap penyakit ini. Untuk anak-anak yang belum mendapat vaksin dipersilakan ke pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, atau dokter anak yang menyediakan vaksin ini,” jelasnya.
Gery Liangga

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.