Disdukcapil Kotamobagu Segera Operasikan Mesin ADM

0
36
Kepala Dinas Catatan Sipil Kota Kotamobagu, Roy Paputungan

TNews, KOTAMOBAGU – Tidak lama lagi, kemudahan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan bakal menyentuh masyarakat Kota Kotamobagu.

Hal ini menyusul segera dioperasikannya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM yang ditempatkan di halaman Kantor Wali Kota Kotamobagu.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu Roi Paputungan, saat ini pihaknya masih menunggu peralatan penunjang mesin ADM dari Kemendagri.

“Sebelumnya peralatan mesin ini sudah ada, namun setelah diuji coba hasilnya belum maksimal sehingga dikembalikan lagi untuk proses instal oleh pihak pelaksana yang ditunjuk Kemendagri dan alhamdulilah informasi baru yang kami peroleh, minggu ke dua Agustus alatnya sudah tiba lagi di Kotamobagu sehingga bisa segera dioperasikan,” ungkap Roi dihubungi, Kamis 27 Juli 2023 kemarin.

Untuk diketahui, mesin ADM sendiri merupakan salah satu inovasi pelayanan publik Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri untuk memudahkan masyarakat dalam memproses dokumen kependudukan.

Lewat mesin ADM, layanan pencetakan dokumen kependudukan bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dengan cepat, mudah dan yang pasti gratis.

Mesin ADM mampu mencetak sejumlah dokumen kependudukan. Diantaranya Kartu Keluarga, KTP, Kartu Identitas Anak, akte perkawinan, akte kelahiran, akte kematian, akte perceraian, dan akte pengangkatan. Selain itu, surat keterangan pindah, surat keterangan pindah luar negeri dan lain-lain.

Waktu pelayanannya pun fleksibel, karena pencetakan kebutuhan dokumen bisa dilakukan sewaktu-waktu, bahkan bisa di hari libur serta tidak terikat wilayah administrasi. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.