Disnaker Kotamobagu Gelar Pelatihan Pengelolaan Air Kelapa Nata DeCoco

0
22
Rapat Disnaker Terkait Pelatihan Pengelolaan Air Kelapa Nata DeCoco. (Foto : Ridho)

TNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) melalui Dinas Perindustrian dan tenaga kerja (Disnaker) melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Air Kelapa Nata DeCoco dan Kecap, yang dibuka langsung oleh sekertaris Disnaker, Eko Asnawi di Aula pertemuan Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja. Rabu (24/08/2022).

Kegiatan juga turut dihadiri para peserta yang merupakan pelaku usaha yang berada di seluruh kecamatan yang berada di wilayah Kotamobagu dan pemateri dari Dinas perindustrian dan tenaga kerja.

Kepala Dinas Perindustrian dan tenaga kerja kota Kotamobagu Sofyan Boulu menjelaskan, kami melaksanakan pelatihan air kelapa menjadi Nata DeCoco dan Kecap.

“Para peserta yang hadir para pelaku usaha di tiap-tiap kecamatan yang berada di wilayah Kotamobagu berjumlah 30 orang. Dan para pelaku usaha ini merupakan pembuat minyak goreng, pembuat VCO dan wirausaha yang baru,” katanya.

Sofyan mengatakan, kami memberikan materi bagaimana cara pembuatan kecap, cara pembuatan nata DeCoco, kemudian di lanjutkan dengan praktek pembuatan, tentunya bertujuan untuk air kelapa yang biasanya di limbah industri bagi para pengusaha minyak goreng.

Biasanya air kelapa hanya di buang di sampah atau limbah, dan pada program kali ini dinas perindustrian dan tenaga kerja melatih kepada para pelaku usaha ini untuk mengelolah air kelapa ini lebih bersifat ekonomi dengan pembuatan kecap serta nata DeCoco.

“Selain produk tersebut dapat bermanfaat untuk pribadi dari masing-masing pelaku industri, semoga dapat juga bermanfaat untuk orang banyak serta mempunyai nilai ekonomi, sehingga dapat meningkatkan ekonomi bagi para pelaku usaha dan ekonomi di Kotamobagu lebih berkembang lagi,” ujar Sofyan.

Reporter : Ridho Mokodompit

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.