Disperinaker Kotamobagu Gandeng PT DAN untuk Program Pelatihan Bahasa Asing dan Peluang Kerja di Jepang

0
10

TNews, Kotamobagu – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Kotamobagu, Johan Sofian Boulu, mengumumkan kolaborasi strategis dengan PT Dewa Akasara Nusantara (DAN) dalam meluncurkan program pelatihan bahasa asing dan peluang kerja di Jepang.

Menurut Sofian, pihaknya telah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT DAN sebagai penyelenggara program. “Mereka menyatakan siap menampung berapa saja peserta dengan skema talangan. Misalnya, ada 200 peserta, maka akan ada perangkingan 1-10 dari pemda yang akan menanggulangi biayanya,” ujarnya, Senin 15 Januari 2024

Program ini terbuka untuk umum, khususnya bagi lulusan SMA-SMK sederajat hingga usia 30 tahun. “Bahasa Jepang akan menjadi fokus dalam kegiatan ini, dengan tujuan pekerjaan di Jepang,” tambahnya.

Untuk pendaftaran diperkirakan hingga bulan Juni. Namun, jika jumlah pendaftar mencapai 300 sampai 400 peserta pada bulan Februari – Maret, pihak Disperinaker akan segera menghubungi PT DAN untuk memulai pelatihan. “Mereka yang akan melatih dan mempersiapkan para peserta ini,” tandasnya.

Adapun anggaran yang dialokasikan mencapai sekitar 18 juta per orang, yang bersumber dari APBD, “Ketika peserta diberangkatkan, mereka langsung dapat pekerjaan di Jepang. Segala macam biaya awal, seperti asrama, akan dicicil dari hasil kerja mereka, yang awalnya ditanggung oleh PT DAN.”tutupnya.

Fabio

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.