Distakot Tegaskan Bak Sampah Bukan Tempat Pembuangan Batang Pohon

0
40
Pengusaha Hotel Diundang
Bambang Ginoga
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Tata Kota (Distakot), meminta agar masyarakat Kotamobagu untuk tidak membuang sampah seperti batang pohon di tempat sampah yamg telah disediakan. Pasalnya, tempat sampah tersebut, hanya dikhususkan untuk sampah kecil atau jenis plastik saja.
Hal tersebut, ditegaskan Kepala Distakot Bambang Ginoga. Menurut Bambang, hal itu bisa membuat tempat sampah menjadi penuh, sehingga dapat menyebabkan sampah bereserahkan dipinggiran jalan.
“Nah, seharusnya yang di masukkan di tempat tersebut,hanya berupa sampah  sisa sisa makanan dan juga kertas dan plasatik. Agar lebih memudahkan petugas dalam mengangkut sampah,” ujar Bambang.
Menurutnya, jika ingin berencana menebang pohon, sebaiknya dipikir-pikir duluh.  Apakah ada manfaatnya, jika ditebang nanti. Diamana, batang pohon itu, memiliki banyak kegunaan.
“Dijadikan kayu bakar , batang pohong beserta ranting rantingnya juga daunnya bisa di jadikan pupuk kompos,” ucapnya.
Tak hanya itu, dirinya juga mengingatkan untuk setiap warga agar bisa melihat situasi terlebih dahulu jika ingin menebang pohon. Misalkan lihat duluh disekitar kita, apakah pohon ini, tidak membahayakan jika ditebang.
“Jika tidak berbahaya pada keselamatan kita, hendaknya jangan dahulu di tebang. Sebab berfungsi sebagai perindang agar udara tetap sejuk dan segar. Namun jika pohon tersebut sudah berbahaya, baiknya di potong saja dan batang pohon dan dahannya di jadikan kayu bakar saja atau di taruh di belakang rumah saja jangan di buang,” pungkasnya menyampaikan.
Gian Limbanadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.