Dituntut Berinovasi, PMD Kotamobagu Kenalkan SIPPDESA

0
27
Operator dan Sekdes se-Kotamobagu turut mengikuti sosialisasi SIPPDESA di aula kantor DPMD, Kamis, (19/12/2019), (Foto: Gian Gumogor).
TNews, KOTAMOBAGU –  Sistem Informasi Pelaporan Pembangunan Desa (SIPPDESA),  reformer inovasi sistem kerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Kotamobagu, mulai disosialisasikan. “Sesuai dengan program Pemkot Kotamobagu, setiap SKPD harus memiliki satu inovasi,” ujar Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Rum Mokoagow, Kamis, (19/12/2019).
Untuk sosialisasi awal dilaksanakan di Aula Kantor DPMD Kotamobagu itu, dengan menghadirkan Sekertaris Desa (Sekdes) juga Operator Desa se-Kotamobagu.
“Hal ini mempermudah pihak desa dalam melaporkan segala informasi kegiatan yang dilaksanakan,” ujarnya.
Menurutnya, pelaporan berjenjang dari Bidang Pembangunan Desa, kegiatan Pemdes, hingga pemberdayaan sejak tahun 2015 hingga sekarang akan diinput pada program SIPPDESA. “Artinya, ini merupakan efisiensi dengan memanfaatkan sistem digital, dan menjangkau lebih luas semua desa di Kotamobagu,” ucapnya.
Dalam perealisasian, lanjutnya, PMD bersinergi dengan beberapa instansi terutama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kotamobagu. “Ini tidak lepas dari kerjasama yang baik dari dinas terkait,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Bidang e-Goverment Diskominfo Kendy Kinontoa menambahkan, kegunaan dari adanya program SIPPDESA ini dapat menintegrasikan data di desa dan Pemkot Kotamobagu melalui PMD. “Intinya lewat SIPPDESA ini, segala data antara desa dan Pemkot lebih terintegrasi,” singkatnya.
Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.