DP4K-KP Kotamobagu Minta Peternak Sapi Segera Melapor

0
209

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian, Perikanan, Peternakan, Perkebunan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (DP4KKP) Kotamobagu, terus melakukan berbagai upaya untuk memastikan kondisi sapi di Kota Kotamobagu (KK) agar tak diserang penyakit anthraks.

Hal tersebut, sebagaimana dikatakatan, Kepala DP4K-KP Hardi Mokodompit saat berusua dengan media ini, diruang kerjanya belum lama ini.

Ia mengaku, hingga sampai saat ini, pihaknya selalu mengontrol tempat pemotongan daging, dan juga ternak sapi. Menurutnya, penyakit antharaks bersiafat Zoonosis atau penyakit hewan yang bisa menular kepada manusia.

“Sejauh ini belum ada gejala anthraks. Sebelum maraknya isu anthraks di Gorontalo, kita sudah melakukan pencegahan terhadap penyakit ini. Kita menurunkan tim untuk memantau kondisi ternak sapi, dan melakukan pengecekan kesehatan,” ujar Hardi Mokodompit.

Meski pun isu anthraks itu sudah menjadi kekhawatiran masyarakat Kotamobagu, pihaknya, memastikan agar warga Kotamobagu tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi daging yang diperjualbelikan.

“Pemkot akan terus berupaya menjaga agar anthraks ini jauh. Tetapi, dibutuhkan juga peran besar masyarakat-lah yang lebih dominan di sini. Kalau ada ternak yang bergejala penyakit zoonosis, segera lapor kepada kami. Kita sudah menyebarkan brosur ke para sangadi dan lurah terkait apa gejala-gejala penyakit tersebut,” tandasnya.

Gian Limbanadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.