DPMD Kotamobagu Akan Gelar Bimtek RPJMDes

0
21

TNews, KOTAMOBAGU – Rencananya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotamobagu akan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) bagi tim penyusun RPJMDes di 15 Desa se – Kotamobagu. Jadwalnya pun, sudah ditentukan untuk pelaksanaannya.

Kepala Dinas PMD melalui Kabid Pembangunan, Keuangan dan Aset Desa Fahrin Ambaru menuturkan, kegiatan akan digelar pekan depan.

“Tujuan bimtek ini untuk memberikan pembekalan bagi tim penyusun yang dibentuk oleh desa agar benar-benar memahami proses penyusunan RPJMdes,” ujar Fahrin, Rabu 01 Februari 2023 saat ditemui di ruang kerjanya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan bimtek nanti, peserta akan diberikan simulasi tentang cara penyusunan dokumen RPJMDes yang ditetapkan pemerintah desa (pemdes) dan Badan permusyawaratan desa (BPD).

Disebutkannya, bimtek akan diikuti sebanyak 150 peserta yang terdiri dari para sangadi ditambah 7 orang anggota tim penyusun dan 2 orang dari unsur BPD.

“Jadi di setiap desanya ada 10 orang maka total keseluruhan dari 15 desa sebanyak 150 orang peserta,” sebutnya.

Masih kata Fahrin, bimtek tersebut sangat penting dilaksanakan, mengingat penyusunan RPJMDes bagi jabatan sangadi tahun 2022-2028, berbeda dengan sebelumnya, karena berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

“Sehingga melalui bimtek ini kami mengharapkan seluruh desa dapat memahami secara komprehensif proses dan tahapan sejak pembentukan tim, tahapan awal sampai dokumen ini ditetapkan sebagai RPJMDes,” harapnya. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.