Drainase Rusak, Biga Terendam Banjir

0
53
Drainase Rusak, Biga Terendam Banjir
Nampak, kondisi drainase yang ada di Kelurahan Biga (f.ian)

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU — Curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini mengakibatkan luapan air di sejumlah drainase di wilayah Kotamobagu. Bahkan, luapan air tersebut mengakibatkan banjir.

Dalam pantauan TOTABUANEWS, drainase atau saluran air tak mampu lagi menampung tingginya debit air, serta adanya draniasae yang sudah rusak.

Tebukti, di Kelurahan Biga Kecamatan Kotamobagu Utara, melupanya air hingga ke pekartangan warga, dkarenakan draianse yang sudah sempit atau rusak, pada saat musim hujan tiba.

Warga setempat, meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melui instansi terkait, agar dapat turun langsung ke-lokasi-lokasi guna mengidentifikasi drainase yang sudah rusak.

Warga pun  berharap segera direspon atau diperbaiki kembali guna mencegah terjadinya luapan air drainase atau selokan jika musim penghujan tiba. “Kami selaku warga sangat berharap agar pemerintah melalui dinas terkait dapat menindaklanjuti persoalan tersebut, ini sudah menjadi persoalan klasik, jika hujan tiba air pasti menggenangi jalan bahkan hingga ke pemukiman warga, disebabkan tidak berfungsinya saluran/selokan karena sudah rusak,” keluh salah satu warga Biga yang rumahnya sering tergenang jika air di selokan meluap dan tak ingin namanya ditulis.

Terpisah, Kepala Dinas PU Kotamobagu, Sande Dodo ketika dikonfirmasi dmintai tanggapan mengenai hal terserbut, mengatakan itu sudah menjadi kewnangan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. “Itu bukan lagi kewengan Dinas PU,” katanya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.