Dua Parpol Ini Belum Butuh Dana Banpol, Tak Ajukan Berkas ke Kesbangpol

0
100
Dua Parpol Ini Belum Butuh Dana Banpol, Tak Ajukan Berkas ke Kesbangpol
Ilustrasi dana Banpol

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU — Dua partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD Kota Kotamobagu rupanya belum membutuhkan dana bantuan dana parpol dari pemerintah. Kedua parpol tersebut yakni PAN dan PKB.

Ini terbukti, jika Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotamobagu, belum memroses berkas Banpol dua parpol tersebut.

“Tinggal dua Parpol yang belum mengajukan atau menyerahkan berkas permohonan pencaiaran Banpol,” kata Sekretris Badan Kesbangpol, Hendra Makalalg, kemarin.

Ia mengatakan, bagi parpol yang belum memasukan berkas, diharapkan secepatnya memasukan proposalnya, sebab masih akan diverifikasi  dan diteliti, selanjutnya diproses.“Proposal yang sudah diterima sedang diproses, kemungkinan bulan ini akan terealisasi,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk waktu pencairan tidak harus bersaman, karena tergantung pengajuan. Namun, partai yang lebih dulu mengajukan proposal akan lebih dulu direalisasikan. Lanjut Dia mengungkapkan, total dana disiapkan untuk parpol di Kota Kotamobagu sebesar Rp 600.701.000.

Dana tersebut katanya, dialokasikan untuk delapan partai yang ada di DPRD. Untuk besaran bantuan berdasarkan jumlah perolehan suara yakni 9700. Diharapkan, bantuan dana tersebut bisa membantu kebutuhan partai politik. Apalagi, kebutuhan dana dipastikan meningkat menjelang persiapan tahapan Pilkada. “Kami hanya sebagai fasilitator saja, pengajuan disampaikan ke pemda dan akan diproses,” tandasnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Kotamobagu Nomor 59 tahun 2017, merupakan tindaklanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 6 tahun 2017 tentang bantuan keuangan untuk Parpol. Untuk Parpol penerima bantuan yakni PAN mendapat pagu anggaran sebesar Rp190 jutaan. Untuk banpol dengan nilai paling kecil itu PKS sebesar Rp33 jutaan. Perhitungan ini didapatkan dari formulasi yang ada dalam Permendagri. (ian)

Berikut nama-nama Parpol di Kotamobagu yang menerima bantuan:

PAN  Jumlah 6 Kursi Menerima  Rp 190.061.800

Golkar Jumlah 5 Kursi Menerima Rp 110.240.500

PDIP Jumlah 3 Kursi  Menerima Rp64.990.000

Demokrat Jumlah 3 Kursi Menerima Rp58.655.900

PKB Jumlah 2 Kursi menerrima Rp 46.395.100

Gerindra Jumlah 2 Kursi Menerima 54.465.500

Hanura Jumlah 2 Kursi Menerima Rp42.214.400

PKS Jumlah 2 Kursi Menerima Rp33.678.400

Sumber: Kesebangpol Kotamobagu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.