Dukung Program FLP Pemerintah Bakal Adakan Program Menulis Guru

0
81
Suasana saat lounching, yang digelar FLP di SMA Negeri 2 Kotamobagu, Selasa (24/04/2018), (foto:Non).

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Forum Lingkar Pena (FLP) Kotamobagu giat mengadakan kampanye gerakan literasi, termasuk melakuka  louncing buku, Belajar Apa Hari Ini, di Sekolah Menengah Atas Negeri 2, Selasa (24/04/2018).

Buku karya ketua FLP Kotamobagu, Dian Surahman ini memotivasi generasi muda untuk melakukan budaya literasi.

“Ini sengaja kami buat untuk tujuan mengajak anak muda untuk menuangkan segala yang dirasa ke dalam buku. Kan, selama ini cuma lewat status-status di media sosial saja,” kata ketua panitia louncing,  Sitti Nurmala.

Dirinya mengatakan, ini juga upaya dalam mengenalkan Kotamobagu di kancah nasional.

“FLP sebenarnya, sudah ada sejak 2013, namun sempat vacum, nanti aktif lagi 2016. Ini kita dari pusat. Banyak yang tidak tahu Kotamobagu, sehingga mudah-mudahan dengan tulisan kita bisa mengenalkan kotamobagu 2013,” jelasnya.

Selain belajar menulis, lanjutnya, FLP juga selalu membuka lapak baca, dan berusaha menerbitkan beberapa karya, baik solo, maupun ontologi.

“Saat ini sekret kami di Matali. Tidak ada syarat khusus untuk bisa gabung. Asal mau saja dulu, nanti kita belajar sama-sama,” ujarnya.

Dirinya berharap, gerakan ini bisa didukung oleh pemerintah Kotamobagu.

“Untuk mencerdaskan anak bangsa, menjadi tanggung jawab bersama, sehingga pemerintah juga punya andil besar dalam hal ini. Semoga bisa mendukung kami, baik moril dan materil dalam membudayakan gerakan literasi,” pungkasnya.

Terpisah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Rastono Soemardi, yang juga merupakan anggota FLP mengatakan, mendukung penuh upaya gerakan literasi yang di pelopori oleh FLP.

“Semangat ini harus kita tumbuh, dan kembangluaskan, termasuk juga bagi para pelajar,” katanya.

Dirinya menambahkan, pemerintah juga akan mengambil bagian, melalui pelatihan pelatihan menulis kepada guru.

“Ini diarahkan untuk memupuk dan meningkatkan ketrampilan literasi insya Allah, bulan mei akan kami adalah pelatihan  bagi para guru,” singkatnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.