E-Warung Mulai Direalisasi

0
52
1709 KK di Kotamobagu Dapat Bantuan Non Tunai
Muljadi Suratinoyo

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Program Pemerintah Pusat Melalui Kementerian Sosial-RI tentang Kartu Elektronic (e-warung) sebagai bentuk bantuan sosial non-tunai kepada kerlompok usaha warung, mulai direalisasika  di Kota Kotamobagu (KK).

Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos ) Kotamobagu Muljadi Suratinoyo, untuk Daerah Sulawesi Utara (Sulut) baru di Kotamobagu yang sudah disetujui proposal, e-Warung. Sudah ada 6 titik dari 4 Kecamatan e-warung yang sudah kami realisasi. “Satu Warung diberikan dana 30 Juta, untuk rehab warung, beli alat timbangan, bahan dan pemasangan listrik, dengan kata lain warung yang dituju sebagai rumah masyarakat miskin.” kata Suratinoyo Selasa (18/04/2017).

Lanjut muljadi, kriteria untuk e-warung yakni dalam bentuk kelompok, dananya-pun sudah dikucurkan. “Dananya ada 180 juta. Kalau dilahat dari sisi dana memang dananya masih sangat minim, tetapi manfaatnya sangat besar.” Ujarnya.

Dijelaskannya cara pembelanjaan di e-warung hanya menggunakan kartu belanja. “Untuk pembelanjaanya di e-warung hanya menggunakan kartu, misalnya ketika kita membeli gula, kita gunakan kartu e-warung, digesek saja seperti kartu kredit yang biasanya dibelanjakan di mol-mol besar,” tuturnya.

Dia menambahkan kartu e- warung diperuntukan hanya untuk warga miskin, yakni, peserta program Keluarga Harapan (PKH), “E-warung untuk warga kurang mampu, sedangkan pemilik dan pengelola warung elektronik ini bertindak sebagai penyalur resmi bantuan pemerintah dan sudah berbadan hukum. Warung yang mereka miliki menjual bahan pangan yang diperlukan, masyarakat, hanya perlu memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk dapat mengakses layanan tersebut”tambahnya.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.