Efek Corona, Warga Lorong Tabubuk Manfaatkan Pekarangan untuk Ditanami Ubi

0
119

TNews, KOTAMOBAGU – Sejumlah warga di Lorong Tabubuk, Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, berinisiatif menanami ubi di pekarangan rumah. Hal ini diduga untuk mengantisipasi keadaan darurat ekonomi kerana pandemik Corona yang mulai meresahkan.

“Setidaknya kalau kemungkinan terburuk terjadi, ada ubi dan tanaman lainnya yang bisa dimakan. Apalagi kalau tidak salah darurat bencana ini sampai bulan Mei,” kata Anjarwati, (37), Selasa, (31/03/2020).

Menurut Anjar, selain ubi, dia juga menanam berbagai rempah keperluan dapur.

“Kita bisa memanfaatkan polibeg untuk ditanami bawang, cabe, tomat, dan kebutuhan dapur,” ujar Anjar.

Senada, warga lainnya, Winda Passi (41), mengatakan, semenjak ada larangan berkerumun, ia sudah mulai menanami halaman rumah dengan tanaman yang bisa membantu pertahan pangan.

“Katanya pasar akan ditutup. Benar atau tidak, kita harus jaga-jaga. Pisang, ubi, rempah, tanaman obat, itu penting,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Nurachim Mokoagow menganjurkan warga Kotamobagu untuk memanfaatkan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan mengingat lahan pertanian Kotamobagu yang mulai mengecil.

“Ya itu adalah bentuk lain, agar kita tidak terlalu tergantung dengan daerah lain, terkait ketersediaan pangan,” singkatnya.

 

Neno Karlina

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.