FAD Kotamobagu ‘Jaring’ Anggota Baru

0
355

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Forum Anak Daerah (FAD), Kotamobagu, melakukan perekrutan anggota baru di sekolah-sekolah. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu, Rafika Bora kepada TOTABUAN.NEWS, Selasa, (19/02/2019).

“Forum anak ini, sebenarnya runutannya dari pusat (nasional), provinsi, hingga di daerah,” katanya.

FAD ini, akan memaksimalkan penyerapan aspirasi dan keterwakilan anak dalam peningkatan pembangunan.

“Mereka dilibatkan, dan memacu agar bagaimana mereka terkonsentrasi dalam pembangunan, juga untuk menutup ruang mereka yang kosong, agar tidak terisi dengan hal yang negatif,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, FAD sedang melakukan penjaringan, dan masuk pada tahap sosialisasi, untuk menjadi pengurus.

“Mana yang mendaftar, berminat, dan punya bakat, akan kembali diseleksi. Karena itu ada syarat-syarat, semisal harus berprestasi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, untuk informasi lebih lanjut, terkait perkembangan penjaringan, bisa langsung mendatangi sekretariat FAD.

“Di kantor (DP3A), di belakang Puspaga, itu sekretariat mereka,” pungkasnya.

Terpisah, Deyna Cahyani Paputungan, (15), siswi kelas X IPA 2, Madrasah Aliya Negeri (MAN) 1 Kotamobagu, mengaku antusias mengikuti proses sosialisasi hingga perekrutan FAD.

“Persyaratannya harus 17 tahun ke bawah. Bisa untuk semua anak, tapi diutamakan yang berprestasi, kami juga harus mengisi formulir pendaftaran,” ujar Deyna, yang juga pengurus OSIS MAN 1 Kotamobagu.

Menurutnya, berdasarkan sosialisasi, yang dia ketahui FAD, akan jadi wadah penghubung setiap aspirasi anak, dengan pemerintah.

“Nantinya, kalau ada keluhan, kita bisa ketemu dan mengkomunikasikannya langsung dengan Ibu Walikota, ya semacam agen penyampai aspirasi anak,” singkat Ein sapaan akrabnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.