Ini 8 Prioritas Pembangunan Pemkot Kotamobagu

0
339

TNews, Kotamobagu – Pemerintah Kota Kotamobagu tengah mempersiapkan Delapan Prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan.

Delapan prioritas pembangunan dimaksud, diuraikan oleh Tatong Bara, ketika menyampaikan nota Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Tahun 2021, Selasa, (20/10/2020) lalu.

Adapun prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada 2021 itu, terdiri atas 1) pertumbuhan ekonomi; 2) penanggulangan kemiskinan dan pengangguran; 3) peningkatan kualitas pendidikan dan Kesehatan; 4) peningkatan infrastruktur pariwisata, kebudayaan dan daya saing daerah; 5) pelestarian lingkungan dan mitigasi bencana; 6) peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat; 7) reformasi birokrasi; serta 8) keadilan dan kesetaraan gender.

“Delapan prioritas pembangunan Kota Kotamobagu Tahun 2021 tersebut, dirumuskan dengan mempertimbangkan hasil evaluasi serta capaian kinerja tahun sebelumnya. Isu-isu strategis, prioritas pembangunan nasional maupun Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), serta untuk penanganan dan pemulihan sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19, sehingga diharapkan dapat terlaksana kesinambungan program pembangunan dari tingkat pusat hingga daerah,” terang Tatong.

Dengan demikian, lanjut dia, penyampaian KUA-PPAS Tahun 2021 pada rapat paripurna ini, juga merupakan upaya dalam rangka menjaga kesinambungan pelaksanaan pembangunan yang terarah serta sistematis. “Di mana semua itu dilakukan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif, dan akuntabel,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPRD Kotamobagu menggelar rapat paripurna tingkat I KUA-PPAS APBD Tahun 2021, Selasa (20/10) lalu. Rapat paripurna yang dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) masa pandemi ini, dipimpin oleh Ketua DPRD Meiddy Makalalag ST.

Akan halnya peserta rapat paripurna, terpisah dalam dua kelompok besar. Yaitu, hadir secara fisik di dalam ruang rapat paripurna DPRD Kotamobagu, serta Sebagian lainnya mengikuti rapat lewat virtual atau fasilitas zoom meeting. Walikota Ir Hj Tatong Bara ikut secara virtual, sedangkan Wakil Walikota (Wawali) Nayodo Koerniawan SH hadir langsung di gedung DPRD, di Jl Paloko Kinalang. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.