Inilah Jenis Makanan Kaleng yang Diduga Mengandung Cacing

0
206

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU– Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM)  Kota Kotamobagu bersama Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) serta Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pemeriksaan lauk siap saji kaleng di beberapa warung dan Toko-Toko yang ada di Kotamobagu, Selasa (03/04/2018).

Sidak ini dilakukan, menyusul adanya kecemasan warga terkait temuan cacing dalam kemasan ikan kaleng, beberapa waktu lalu yang sontak membuat warga khawatir mengkonsumsi lauk siap saji tersebut.

“Ada 27 jenis Makarel yang terindikasi mengandug cacing, dan setelah di periksa di beberapa Toko dan Warung hingga pasar, kami tidak menemukan jenis makarel tersebut,” ungkap Kepala Disdagkop Herman Aray.

Untuk mengantisipasi itu kata Aray, pihaknya akan bekerja sama dengan BPOM Sulut.

“Langkah dari Disperindag sendiri yaitu kerjasama dengan BPOM untuk mengantisipasi adanya makanan kaleng siap saji yang mengandung cacing karena sangat berbahaya bagi kesehatan,” ujarnya

Untuk itu, Dia mengimbau pemilik Toko maupun Warung untuk tidak memperdagangkan makanan lauk kaleng yang diduga mengandung cacing.

“Kami juga mengimbau kepada pemilik toko maupun warung untuk tidak di perdaganggang jenis makanan lauk kaleng yang di duga mengancung cacing kaleng. Apabila ditemukan, kami akan tertibkan dan berikan sanksi pembinaan,” tambahnya

Sememtara itu, pemilik Supermarket Paris Ko Heng menambahkan, pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi menuangkut ikan kaleng tersebut.

“Kami sebelumnya jauh sebelumnya sudah mengambil langkah untuk tidak memperdagangkan makanan kaleng tersebut. Dan kami sudah meneriman informasi dari distrinitor,” tambahnya

Berikut ini jenis kemasan ikan Kaleng yang diduga mengandung Cacing:

  1. ABC
  2. ABT
  3. Ayam Brand
  4. Botan
  5. Cip
  6. Dongwon
  7. Dr. Sifh
  8. Farmerjack
  9. Fiesta Sefood
  10. Gaga
  11. Hoki
  12. Hosen
  13. IO
  14. Jojo
  15. Kings fiesher
  16. LSC
  17. Maya
  18. Nago/Nagos
  19. Naraya
  20. Pesta
  21. Poh sung
  22. Pronas
  23. Ranesa
  24. S & W
  25. Sempio
  26. TLC
  27. TSC

Sumber Diperindagkop UKM, Kotamobagu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.