Juli, 205 Catin Konseling di Puspaga

0
1
Loading...

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A), Kota Kotamobagu mencatat sejak Januari hingga Juli 2019, sudah 205 Calon Pengantin (Catin), yang mengikuti konseling di Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga). Hal ini dikatakan Kepala DP3A Kotamobagu, SIti Rafiqah Bora, melalui Admin Puspaga, Regina Veranti Damopolii, Rabu, (10/07/2019).

“Sejak dibuka pada Februari 2019, program pemerintah ini sudah berjalan dengan baik, tercatat 329 Catin yang konseling. Kalau tahun ini (2019), ada 205 Catin,” katanya.

Dijelaskannya, untuk bisa mengikuti konseling di Puspaga, Caten harus mendapat surat rekomendasi dari kelurahan, dan bagi Catin di bawah umur, harus mendapat keterangan dispensasi dari Pengadilan Agama.

“Itu saja, sih. Selebihnya gratis, dan Catin akan mendapat konseling, yang kami buka setiap hari Senin dan Kamis, agar Catin yang ikut konseling bisa sama-sama dengan yang lainnya,” ucapnya.

Menurutnya, para Catin akan mendapat materi dari spikolog dan beberapa instansi terkait, tentang bagaimana kehidupan barumah tangga nantinya.

“Ada dari Dinkes, PPKB, KUA. Materinya seputar, Konseling pembekalan Pra nikah, Meningkatkan Iman dan Takwa, Hak dan Kewajiban Suami dan Istri, Program KB, Ketahanan Keluarga, Membangun Rumah Tangga yang harmonis, Psikologi Perkawinan, Tumbuh Kembang Anak secara optimal. Ini semua akan diterima para Catin selama dua hari,” pungkasnya.

PELIPUT: NENO KARLINA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.