Kanker Rahim Momok Bagi Perempuan

Pemkot Alokasikan 18 Miliar Program Kesehatan

0
65
Kanker Rahim Momok Bagi Perempuan
NurJannah Masloman

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Kanker rahim menjadi salah satu momok menakutkan bagi perempuan dan ibu rumah tangga. Tak salah lagi bila Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, alokasikan Rp18 Miliar untuk program unggulan kesahatan.

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 Kotamobagu, alokasikan puluhan miliar bagi Dinas Kesehatan Pemkot. Anggaran tersebut  diperuntukan untuk 17 program kesehatan. Program unggulan diantaranya pencegahan dan penanganan penyakit kanker rahim, untuk menyelamatkan perempuan dan ibu rumah tangga di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Nur Jannah Masloman, melalui Sekretaris, Ahmad Yani Umar, mengatakan penyakit kanker rahim cukup menghantui kematian bagi perempuan dan ibu. “Bahaya dari penyakit tersebut menjadi perhatian khusus dari pemerintah. Makanya, kaum perempuan juga harus proaktif memeriksakan diri sejak dini,” imbuh Umar, kemarin.

Dihimbau lagi, agar perempuan yang ada di wilayah Kota Kotamobagu, tidak sungkan melakukan pemeriksaan kesehatan rahim ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). “Ini untuk deteksi dini bahaya penyakit kanker rahim,” kata Umar.

Ia mengakui, tak banyak perempuan yang datang melakukan pemeriksaan kesehatan rahim. Padahal, proses pemeriksaannya gratis atau tidak dipungut biaya.“Lima Puskesmas yang ada siap melakukan pelayanan dan ditopang dengan dokter ahli serta fasilitas yang canggih. Tak ada biaya dalam pemeriksaan alias gratis,” ujarnya.

TIM TOTABUANEWS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.