Kebijakan Strategis Olah Sampah Turut Tentukan Adipura

0
48
Boltim Bakal Miliki TPA

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Hasil penilaian pertama dan kedua Adipura di Kotamobagu oleh Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, masih menunggu Dokumen Kebijakan strategis tentang pengolahan sampah rumah tangga di Kotamobagu.

Plt Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Nasrun Gilalom melalui Kepala Bidang Pengelolaan persampahan dan Limbah B3 Masril Lapandengan mengatakan, kebijakan tersebut masih dalam penyusunan.

“Setelah dilakukan Penilaian Pertama dan dan Kedua Adipura tentang pengolahan persampahan
Dan kebersihan di Kotamobagu, masih ada lagi satu dokumen yang harus dilengkapi yaitu, tenteng pengolahan persampaan. Nah itu sedang dalam proses penyusunan,” ungkap Masril, Kamis (12/07/2018).

Menurutnya, itu sudah menjadi aturan daei Kementrian. “Daerah harus semuanya, karena ini kebijakan Pusat. Jadi susun dlu itu. Kemudian itu yang akan jadi acuan tiap daerah untuk pengolaan sampah dalam bentuk Perda atau Perwa,” jelasnya

Lanjut Masril, Hasil P1 dan P2 untuk Kotamobagu sudah ada, tinggal dokumen tersebut.

“Sekitar Oktober ini sudah ada hasilnya. Kita tunggu saja nanti, intinya sudah disusun, namun masih sementara Draf, kemudian kami ajukan. Tinggal menunggu itu makanya mereka tunggu dulu ini, kemudian bisa diberikan hasilnya oleh kementrian,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.