Kelas Premium, Mojago Brand Kopi Produksi Lokal Kotamobagu

0
253

TNews Kotamobagu – Dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Provinsi Sulawesi Utara, Kotamobagu memiliki banyak pabrik kopi lokal yang tumbuh subur. Beberapa diantaranya memiliki kualitas premium, tak kalah dengan kopi import, dan telah diakui. Salah satu diantaranya adalah kopi Mojago.

Kopi khas Bilalang yang di produksi di pabrik sederhana yang berlokasi di Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara ini menjadi salah satu incaran para penikmat kopi di Sulawesi Utara.

Santi Mokoagow, pemilik brand kopi Mojago mengatakan usaha tersebut dibentuk secara spontan. “Awalnya saya hanya sering diminta oleh-oleh dari teman-teman diluar daerah saat ke Manado ataupun mereka berkunjung. Perlahan-lahan kopi racikan saya mulai terkenal dikalangan teman-teman, sehingga kepikiran untuk membuka usaha kopi,” jelasnya.

Kemudian lanjutnya pada tahun 2016, saya mencoba produksi perdana didukung saudara dan teman-teman. “Karena harga kopi mentah saat itu tidak stabil, sehingga mereka mengatakan kenapa tidak membuka usaha kopi saja, dan membeli langsung dari petani disini, dengan harga yang stabil, sesuai kesepakatan,” jelasnya

Ia mengakatan saat ini kopi Mojago telah dipasarkan di ritel dan rumah kopi se Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo. “Khusus Pulau Jawa, juga banyak peminat yang membeli secara online, namun baru sebatas konsumsi pribadi,” ungkapnya.

Santi mengakui, omset penjualan kopi Mojago berkisar Rp 20 juta perbulannya, dengan produksi mencapai 150 kilo hingga 200 kilo setiap bulan. “Untuk harga kopi Mojago dipasaran untuk ukuran 65 gram berkisar Rp 10 ribu dan 250 gram Rp 35 ribu,” tutupnya.

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.