Kementerian Agama Gelar Seminar Kesultanan Dan Islamisasi Di BMR

0
102
Kementerian Agama Gelar Seminar Kesultanan Dan Islamisasi Di BMR

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) melalui Pulitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi  Badan Litbang dan Diklat Kementerian, menggelar seminar Kesultanan dan Islamisasi di Bolaang Mongondow Raya (BMR), di Hotel Sutan Raja Kotamobagu Kamis (28/09/2017).

Menurut Salah Satu Peneliti Almunauwar Bin Rusli MPd, seminar ini ada presentasi atas hasil penelitian oleh mereka beberapa bulan lalu.

“Kami telah meneliti bagaimana Islam masuk di BMR, meski pun masih butuh untuk dikoreksi lagi,”kata Rusli.

Lanjutnya, Pihaknya langsung menggunakan metode penelitian yakni menggunakan bukti empris, serta artefak-artefak yang masih tersisa.

“Ada beberapa situs itu sudah mengenal Islam pada waktu  jaman kerajaan, tapi masih harus menggunakan arkeolog untuk membuktikannya,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pulitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi  Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Drs Choirul fuad SS MA APU mengatakan di Sulawesi Utara sampai BMR, memang sangat penting sekali dilakukan penelitian terkait sejarah islamisasi.

“Meski pun sejarah islamisasi di BMR belum bisa dibuktikan, karena hanya di ambil data-data yang masih terpotong-potong. Kami berharap ini bisa segera diselesaikan untuk bisa menghadirkan buku sejarah nantinya,”ujarnya.

Dia menambahkan, masih perlu dilengkapi dalam hasil penelitian yang dipresentasikan.

“Mereka masih perlu untuk melakukan penelitian lagi, agar data yang ada bisa lebih lengkap lagi,”tandasnya.

Diketahui, hadir juga sebagai pemateri dalam seminar tersebut, budayawan senior Reiner E Yusuf Oientoe, Hamri Manoppo, hingga akademisi Dr Acep Aripudin. (tr-03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.