Kepala BPKD Kotamobagu Hadiri Bimtek Pengegolaan Keuangan

0
54

TOTABUANEWS.COM, KOTAMOBAGU – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu, Rio Lombone, hadiri kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) terkait pengelolaan keuangan daerah bidang non perpajakan, yang dilaksanakan di Hotel Four Points Manado, Kamis (02/11/2017).

Kegiatan tersebut digelar oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direjen Perimbangan Keuangan Direktorat Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah, sebagai tindaklanjut program peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan daerah, yang sebelumnya telah dilaksanakan dalam bentuk Knowledge sharing keberhasilan kepala daerah.

“Kegiatan ini merupakan tindaklanjut atas keberhasilan kepala daerah dalam peningkatakan pengelolaan keuangan daerah,” kata Rio, Kamis (02/11/2017).

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut, dibahas juga soal bimtek Keuangan Daerah Level Eksekutif, keuangan darah kelas online (E-Learning), dan keuangan daerah bidang perpajakan.

“Direjen Perimbanhan Keuangan juga akan menyelenggarakan hal serupa terkait pengelolaan keuangan daerah Non perpajakan, yang meliputi akuntansi berbasis akrual, kebijakan penatausahaan perbendaharaan daerah, kebijakan pengelolaan barang milik daerah dan penerapan E-Government pada pemerintah daerah,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan, lanjutnya bahwa pemerintah harus lebih keras lagi, dalam pengelolaan keuangan daerah atau APBN maupun APBD.

“Presiden katakan, kita harus lebih keras lagi, karena esensi dari transparansi dan akuntabilitas adalah pertanggungjawaban moral kepada konstitusi dan masyarakat,” jelasnya.

Gery Liangga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.