KK Peringkat Pertama Untuk P1 Adipura

0
50
Kotamobagu Mulai Diverifikasi Tim Adipura
Alex Saranaung
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Usaha memang tidak pernah mengkhianati hasil, dengan dibuktikan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu berada pada peringkat pertama untuk penilaian tahap satu (P1), dengan nilai rata-rata 75.
Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu Alex Saranaung Jumat (24/02/2017), Penilaian rata-rata 75 itu, dikarenakan beberapa indikator, termasuk tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di wilayah Mongkonai dinilai sangat baik. nilai Passing Grade untuk 11 daerah di Sulut, Kotamobagu berada di peringkat pertama. “Untuk penilaian P1, Kotamobagu mendapat Passing Grade 75,” kata Alex selesai dari Apel Korpri.
Alex mengatakan, pengelolaan kebersihan di Kotamobagu terus berjalan. Pemkot Kotamobagu yang dipimpin Walikota Tatong Bara terus menindaklanjuti dengan menyatukan persepsi dan sinkronisasi antar SKPD.
“Semua instansi yang menjadi penanggungjawab diharapkan terus membenahi pengelolaan kebersihan. Bahkan, organisasi masyarakat juga banyak yang ikut berpartisipasi. Sebab kebersihan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, akan tetapi semua masyarakat,” ujarnya.
Lanjut Alex, Passing Grade itu merupakan standar nilai akumulatif yang dihitung dengan metode tertentu sebagai ukuran secara terstruktur dan sistematis.
“Ketersediaan sarana dan prasarana untuk Adipura sangat tersedia.  Termasuk dari perhitungan kubikasi ke kilogram. Untuk Sulut sendiri ada enam daerah dengan kategori kota kecil yang sementara bersaing. Diantaranya Kota Kotamobagu, Kota Tahuna, Airmadidi, Kota Tomohon, Kota Amurang dan Tondano. Sedangkan kategori kota besar yakni Manado dan kota sedang yakni Kota Bitung,”ungkapnya.
Lanjut dikatakan Alex, Item atau titik-titik yang bakal dinilai serupa dengan tahun sebelumnya. Titik penilaian mulai, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pemukiman, perkantoran, sekolah, pertokoan, Ruang Terbuka Hijau (RTH), terminal, dan sejumlah kawasan lainnya. “Item penilaian yang rendah dalam evaluasi terakhir terus dibenahi, yang masih rendah seperti terminal,” tuturnya.
Alex menambahkan, pengeloaan kebersihan menjadi salah satu prioritas Pemkot Kotamobagu. Hal itu dibuktikan dengan kebijakan berupa dukungan anggaran dan regulasi.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.