Kopi Kotamobagu Terdeteksi Layak Ekspor

0
40
Ramjan Mokoginta

TNews, Kotamobagu – Pemerintah melakukan sosialisasi dan launching penetapan kawasan pengembangan pertanian organik kluster kopi di Kotamobagu Selatan, bertempat di kantor aula Walikota Kotamobagu, Jumat, (06/12/2019). “Kopi organik Kotamobagu kini menyesuaikan dengan gaya hidup yang lebih sehat, dan itu tidak hanya di negara berkembang tapi juga negara maju,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ramjan Mokoginta.

Menurutnya, kopi Kotamobagu telah melalui tester di Jember dan memperoleh hasil yang bagus. “Angkanya 84,25 persen yang hasilnya exelent, dan berarti kopi Kotamobagu bisa diekspor ke luar negeri,” jelasnya.

Meski kopi kita lebih banyak Robusta, lanjutnya, tapi juga ada jenis Arabika, sehingga harus ada kalsternya. “Jenis Robusta 2360-an,  Arabica juga ada, sehingga kita harus ada pusat pengembangan kopi, yang kita tetapkan di Kotamobagu Selatan,” jelasnya.

Ditambahkannya, Walikota juga telah mengeluarkan regulasi, Perwako nomor 26 soal Klaster kopi. “Dan semua OPD bisa terlibat langsung untuk membuat kopi ini bisa lebih berkembang,” pungkasnya.

 

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.