Kotamobagu Pamerkan Produk Unggulan dan Kerajinan Tradisional di Festival Bunaken

0
18
Sarida Mokoginta
TNews, KOTAMOBAGU – Sejumlah hasil kerajinan tangan dan produk unggulan khas Kota Kotamobagu turut dipamerkan di Festival Bunaken yang akan digelar di Manado tanggal 17-20 Juli Tahun 2019 ini. Hal ini dikatakan, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kotamobagu, Sarida Mokoginta melalui Kepala Bidang Industri, Fadlun Paputungan, kepada sejumlah awak media, Selasa, (16/07/2019).
“Kita ketahui bersama, bahwa ibu TP PKK yang juga merangkap selaku Ketua Tim Dekranasda Kota Kotamobagu, mempunyai kemauan tinggi untuk mengangkat kearifan lokal di Kota Kotamobagu, guna meningkatkan kaum ibu-ibu melalui kerajinan. Nah, melalui kepemimpinan Ketua Dekranasda Kotamobagu, kami menyiapkan bahan-bahan kerajinan di Kota Kotamobagu untuk dipamerkan di festival bunaken itu,” terangnya.
Produk yang akan dibawa dan dipamerkan, semua berasal dari beberapa pengrajin yang ada di Kotamobagu.
“Ini semua produk asal Kota Kotamobagu yang berasal dari Desa Bilalang, Kelurahan Biga, dan ada juga dari Kelurahan Matali.” Jelasnya.
Diketahui, hasil kerajinan ini diantaranya, dibuat dari limbah baju bekas yang diubah menjadi pot bunga, anyaman. Selain itu ada pala manis, kabela, maupun Hamsei yang digunakan untuk penari kabela maupun pengantin wanita, serta lapi-lapi yang biasa digunakan pada acara perkawinan maupun acara duka di Kotamobagu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.