KPP Pratama Kotamobagu Kenalkan Sikap Anti-Korupsi ke Siswa SMP dan SMA

0
46

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kotamobagu, menggelar rangkaian kegiatan Tax go to School (TGTS), dengan tema “Menumbuhkan Kesadaran Pajak Menuju Indonesia Bebas Korupsi”, di SMA Negeri 3 Kotamobagu dan SMP Negeri 1 Kotamobagu, Rabu, (17/07/2019).

Kegiatan dibuka langsung Kepala KPP Pratama Kotamobagu, Denny Tri Satrianto. Dalam pembukaannya, Kepala KPP Pratama Kotamobagu menegaskan, pentingnya pajak dalam pembangunan negara dan pentingnya sikap anti korupsi sejak dini.

Denny juga menambahkan, KPP Pratama Kotamobagu sejak tahun 2018 telah berhasil mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Denny berpesan, agar acara TGTS dapat menimbulkan kesadaran dan kepedulian terhadap pajak dan sikap anti-korupsi bagi para siswa “Ketika sukses nanti, kalian (siswa SMAN 3 Kotamobagu-red) janganlah korupsi”. Kata Denny.

Senada, Kepala Sekolah SMAN 3 Kotamobagu Warini Daun. Ia menyampaikan bahwa bangunan sekolah yang digunakan para siswa tidak dibangun dari dana prbadi, melainkan dari uang Pajak. Ia berpesan agar kegiatan TGTS dapat bermanfaat bagi para siswa, dan siswa dapat bersenang-senang dalam kegiatan TGTS ini.

Kegiatan TGTS SMAN 3 Kotamobagu berlangsung pukul 08.30 WITA, terlambat setengah jam dari yang waktu dijadwalkan karena kegiatan yang semula direncanakan akan berlangsung di panggung lapangan sekolah harus berpindah ke aula sekolah dikarenakan hujan yang mengguyur pada pagi itu.

“Kita sudah bersiap di Lapangan, peralatan yang sudah terpasang harus dipindahkan karena hujan”, ujar Ahmad Rodhi salah seorang panitia. Kegiatan TGTS SMAN 3 Kotamobagu dan SMPN 1 Kotamobagu berlangsung semarak dan ceria dengan dihadiri oleh 181 siswa kelas X dan perwakilan kelas XI, dan XII untuk SMAN 3 Kotamobagu dan 249 siswa SMPN 1 Kotamobagu. Acara TGTS berlangsuung menarik dikarenakan pemberian materi Perpajakan dan sikap anti-korupsi oleh tim penyuluh diiringi dengan berbagai macam games dan kuis dengan banyak hadiah menarik, rangkaian kegatan TGTS sendiri berakhir pada pukul 11.00 WITA.

Sambutan positif terhadap kegiatan TGTS diberikan oleh para siswa, Ketua Osis SMAN 3 kotamobagu I Made Ardhika Pranata berkata, “Acara bisa dikatakan seru dan mengedukasi, siswa yang hadir dapat mengerti tugas dan kewajiban sebagai warga negara, dari sini saya tahu sebagai warga negara wajib membayar pajak dan menghindari korupsi”.

Ia juga berharap, agar tahun depan KPP Pratama Kotamobagu dapat menyelenggarakan TGTS di SMAN 3 Kotamobagu. Hal senada diungkapkan oleh Mersi Pobela, siswa kelas X SMAN 3 Kotamobagu ini berujar bahwa ia mendapat pelajaran baru tentang fungsi pajak dan sikap anti korupsi.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.