Mengembalikan Fungsi Gedung Bobakidan Sebagai Simbol Kebudayaan

0
1032
Gedung Bobakidan

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu tak hanya dikenal sebagai Kota Model Jasa. Namun, daerah yang bakal menjadi Ibu Kota Calon Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR) ini juga dikenal sebagai kota pariwisata dan kebudayaan.

Salah satu bukti dimana Kotamobagu sebagai Kota kebudayaan adalah adanya rumah adat Bolaang Mongondow yang terletak di Jln. Brigjen Katamso Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Barat.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar) Kotamobagu Agung Adaty, Rumah adat bolaang mongondow yang dikenal dengan nama “Bobakidan” ini merupakan salah satu ikon budaya yang ada di kotamobagu.

“Rumah adat ini adalah salah satu objek wisata yang merupakan Ikon Kotamobagu,” ujar Agung, Selasa (12/06/2018).

Dikatakannya, rumah adat Bolmong atau Bobakidan ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya kotamobagu.

“Sesuai nama bobakidan, gedung ini berfungsi sebagai tempat musyawarah bolaang mongondow, Rumah adat ini juga sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya Bolaang Mingondow di Kota Kotamobagu,” jelasnya

Selain itu, lanjutnya, Bobakidan juga digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan berdasarkan adat bolaang mongondow oleh masyarakat luas.

“Jadi tempat ini juga dijadikan temoat resepsi pernikahan secara adat bolaang mongondow,” tukasnya

Terpisah, salah satu pemerhati budaya Kotamobagu Aswar Paputungan mengatakan, tempat-tempat wisata yang bernuansa budaya di kotamobagu perlu didorong untuk menarik perhatian para wisatawan luar.

“Objek wisata yang bernuansa budaya adalah salah satu potensi kotamobagu untuk mendatangkan para wisatawan luar. Sehingga perlu dijaga dan dilestarikan sebagai ikon dan nilai jual kotomobagu,” tandasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.