Musrenbang Kotamobagu 2024: Desa dan Kelurahan Bersatu Menuju RKPD 2025

0
10
Suasana Musrenbang Desa di Kantor Desa Pontodon Timur, Kecamatan Kotamobagu Utara, Senin (15/01/2024) (Foto: Olam).

TNews, Kotamobagu – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di desa dan kelurahan Kotamobagu telah dimulai.

Helfrits Lahimade, Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappelitbangada, mengumumkan jadwal Musrenbang selama 10 hari, berlangsung dari 15 Januari hingga 25 Januari 2024.

Liskawati Mokodompit, Kepala Bidang Litbang Bappelitbangda, menambahkan bahwa Musrenbang tingkat desa merupakan bagian dari tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, sesuai Permendagri nomor 86 tahun 2017. Proses ini melibatkan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, dan menggabungkan pendekatan Top Down serta Bottom Up.

Usulan dari tingkatan bawah akan diselaraskan dengan RKP, RPJMD Provinsi, dan RPD Kotamobagu tahun 2024-2026. Tema untuk tahun 2025, berdasarkan RPD Kota Kotamobagu nomor 2 tahun 2023, adalah, “Memantapkan daya saing melalui inovasi seiring dengan peningkatan investasi dan pemberdayaan Masyarakat,”.

Liskawati menekankan pentingnya usulan yang bersifat prioritas dan jelas peruntukannya, termasuk intervensi penanganan stunting.

“Untuk 2025 ada 5 usulan prioritas yang langsung menyentuh masyarakat. Usulan-usulan ini akan disampaikan ke Bappelitbangda setelah disepakati bersama dan ditandatangani dalam berita acara, paling lambat dua hari setelah Musrenbang tingkat desa dan kelurahan,” pungkasnya.

Fabio

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.