Pasar Ilegal eks Gedung Bioskop Palapa Kotamobagu Bakal Ditutup Permanen

0
31
Penutupan pasar ilegal yang beroprasi di eks gedung bioskop Palapa Kotamobagu, bertempat di Ruang rapat Asisten II Pemkot Kotamobagu, Jumat (8/12/2023). (Foto: Indy)

TNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar rapat terkait penutupan pasar ilegal yang beroprasi di eks gedung bioskop Palapa Kotamobagu, bertempat di Ruang rapat Asisten II Pemkot Kotamobagu, Jumat (8/12/2023).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Astiten II tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Kepala Dinas Disperindag, Kasat Pol-PP, Kadis Perhubungan, Kesbangpol, Camat Kotamobagu Barat, Lurah Gogagoman, Kabag Ops Polres Kotamobagu, Kasat Intel, Pasi Intel kodim serta Dansub POM.

Asisten II Adnan Masinae menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran semua pihak dalam menindaklanjuti keluhan pedagang terkait pasar ilegal yang terus beroperasi.ia menyoroti fakta baawa melihat dari bangunan yang ada, sangat jelas sudah salah peruntukkannya.

“Ada oknum- oknum yang memanfaatkan bangunan tersebut dan disitu ada pungli karena melakukan penagihan retribusi kepada pedagang tanpa ijin Pemkot, kemudian juga aktifitas di pasar ilegal tersebut jelas- jelas melanggar tata tertib umum sehingga harus ditertibkan pedagangnya dan pasar tersebut ditutup permanen,” tegasnya.

Sementara itu, Kadis perindagkop Kotamobagu Ariono Potabuga menyampaikan rencana penertiban secara permanen harus segera dilaksanakan.

“Pasar tersebut tidak ada ijin dan sudah diperingatkan berkali- kali sampai SP III. Kami sudah mengunjungi pemilik gudang di Manado dan ternyata pemilik tidak tahu kalau tempatnya dimanfaatkan menjadi pasar. Yang mereka tahu, lokasi itu hanya untuk berjualan kue dan usaha salon,” terang Ariono.

Terpisah, Kasat Pol- PP Sahaya Mokoginta mengatakan bahwa terkait penertiban pihaknya sudah mempertimbangkan untuk melakukan penertiban pada Senin 11 Desember.

“Kami berharap pedagang melakukan pembenahan sendiri dari sekarang sebelum dilakukan penindakan. Kita akan pindahkan mereka dan pasar ilegal akan ditutup,” tegas Sahaya.

Terkait personil anggota Polres Kotamobagu, Kapolres Kotamobagu Dasveri Abdi melalui Kabagops Kompol Luther Tadung menyatakan dukungan penuh dari pihak kepolisian terkait upaya Penertiban ini,” ucap Kompol Luther Tudung.

Rapt ini turut dihadiri: Kepala Dinas Perindag-Kop Ariono Potabuga, Kasat Pol- PP Sahaya Mokoginta, Kadis Perhubungan Anas Tungkagi, Kepala Kesbangpol Rafika Bora, Camat Kotamobagu Barat Sofyan Abdjul, Lurah Gogagoman Efendi Adam Hasan, Kabag Ops Polres Kotamobagu Kompol Luther Tudung, Kasat Intel, Kasi Intel Kodim dan Dansub POM.(*)

Reporter: Nindy Pobela

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.