Pasien di RS Kotamobagu ‘Membludak’

0
201
Rumah Sakit Kotamobagu Naik Tipe C

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pasca berpindahnya Rumah Sakit Umum Datoe Binangkang (RSUDB) ke Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), jumlah pasien masuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu membludak.  Bahkan, ruangan Intalasi Gawat Darurat (IGD) pun, tak cukup menampung seluruh pasien.

Meski demikian, membludaknya pasien di RS Kotamobagu Kelurahan Pobundayaan  tersebut, kebanyakan pasien yang masuk bukan hanya dari Kotamobagu saja, melainkan dari daerah tetangga (Pasien rujukan).

“Saudara-saudaraku di bolmong raya yang kami hormati, memperhatikan beberapa hari ini tentang membludaknya pasien yang masuk melalui IGD RSUD kotamobagu dan full bed/penuh,” ungkap manajemen RSUD Kotamobagu, dalam status diakun facebook RSUD Kotamobagu menjawab, Rabu (19/07) kemarin.

Dalam tulisan tersebut, juga diinfromasikan sebelum merujuk pasien, diharapkan melakukan konfirmasi ke pihak IGD. “Kami merasa perlu menginformasikan, bahwa sebelum merujuk pasien ada baiknya menelepon kontak person IGD demi efisiensi waktu, dan tidak ada lagi rujukan ulang ke rumah sakit yang lain,” tambahnya.

Tak hanya itu saja, pihak manajemen RSUD menginformaskan untuk saat ini RSUD Datoe Binangkang telah membuka pelayanan.

“Sekedar info, saat ini RSUD datubinangkang sudah dimulai pelayanannya, agar bisa terjadi pemerataan pelayanan, mengantisipasi membludaknya pasien yang sekarang sedang dialami RSUD kotamobagu. Mohon permakluman masyarakat bolmong pada umumnya. Kontak person yang bisa dihubungi 081354334509-081523969714 (harjo) dan 082187637115 (gun),” tutupnya.

Salah satu perawat yang bertugas di IGD RSUD Kotamobagu,Santoso Harjo, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. “Iya benar, bahwa setiap hari pasien di IGD meningkat. Sehingga itu, kami memberitahukannya melalui media sosial,” ucapnya.

Saat disinggung daya tampung ruang IGD, ia mengatakan, kapasitasnya hanya 15 pasien saja. “Bisa sampai 17 pasien, tapi yang lain tinggal menggunakan kursi roda saja. Sehingga itu, jika ada pasien yang hendak dirujuk ke RSUD Kotamobagu, diharapkan dapat diinformasikan terlebih dahulu kepada kami. Agar kami bisa memberikan  informasi kondisi yang ada,  dan solusinya. Seperti, ke rumah sakit yang lain yang juga ada di Kotamobagu,” terangnya.

TIM TOTABUANEWS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.